Rabu, 26 Desember 2012

Budaya Indonesia Yang Mendunia

Indonesia adalah negara yang kaya. Dengan ribuan pulau yang berjejer dari Sabang sampai Merauke, maka Indonesia memiliki begitu banyak budaya, mulai dari pakaian adat, tarian tradisional, alat dan musik tradisional, dan sebagainya. 

Dari begitu banyak budaya di Indonesia, beberapa diantaranya kini telah dikenal di mata dunia. Berikut adalah 4 (empat) budaya Indonesia yang mendunia :

1. ANGKLUNG


Angklung adalah alat musik multitoral (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat dan merupakan salah satu kesenian budaya di tanah sunda, bagian barat pulau Jawa. Alat musik tradisional ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu). 

Angklung Indonesia ini telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya (Intangible Cultural Heritage). Penyerahan resmi sertifikat dilaksanakan di Jakarta, 19 Januari 2011. Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh. Taufik menyatakan angklung digemari diluar negeri. Negara-negara seperti Korea, Jepang dan Malaysia telah mengenalkan angklung kepada anak-anak usia sekolah.

2. BATIK

Sekarang siapa yang tak kenal batik? Iya. Batik adalah warisan budaya yang diturunkan oleh nenek moyang kita dan merupakan salah satu kebudayaan yang sangat istimewa. Apalagi setelah polemik yang terjadi beberapa tahun silam dengan negara tetangga, seakan menyadarkan kita untuk menjaga dan melestarikan budaya yang kita miliki.

UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusian untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2008. 

Kini beberapa inovatif mengenai batik telah digalakan. Batik telah hadir dan mempengaruhi dunia fashion. Bahkan seorang perancang busana kelas dunia dari Belgia, Dries Van Noten (DVN) pernah membuat koleksi yang mengangkat motif batik Indonesia. Rancangan koleksinya tersebar di 500 toko fashion di seluruh dunia. 

Batik kini telah menjadi ikon di Indonesia. Masyarakat dunia mengenal Indonesia melalui batik, warisan budaya yang sangat berharga dan patut dijaga.

3. WAYANG KULIT

Kesenian wayang adalah salah satu kesenian khas Indonesia. Di mata para pengamat budaya, kesenian ini memiliki nilai lebih dibandingkan seni lainnya, karena dalam pertunjukannya memadukan unsur-unsur kesenian, diantaranya seni rupa, seni pentas dan seni tari. 

Di samping fungsinya sebagai hiburan, kesenian wayaung juga memiliki fungsi estetika dan sara dengan nilai-nilai luhur serta mendandung makna cerita yang sangat mendalam.

UNESCO pada tahun 2003, telah menetapkan wayang sebagai sebuah mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Dan berikut ini adalah beberapa dalan yang berasal dari negara Amerika : Ki Dalang Stevens, Ki Dalang George, dengan sindennya Margareth.

4. TARI SAMAN

Salah satu daya tarik provinsi Aceh adalah Tari Saman. Tarian ini asal mulanya berasal dari daerah Aceh Tenggara tepatnya di dataran tinggi Gayo. Nama "Saman" diambil dari nama pencipta dan pengembang tari saman yaitu Syeikh Saman, seorang ulama yang menyebarkan agama islam di Aceh. Itulah sebabnya syair atau lagu yang digunakan dalam tari saman adalah bahasa Arab dan Aceh.

Tari Saman mendapat pengakuan UNESCO dalam Sidang Tahunan Komite Pemerintah-UNESCO untuk Perlindungan Warisan Budaya Tak Benda di Nusadua, Bali, 22-29 November. Pertunjukan Tari Saman ini pernah ditampilkan mahasiswa Indonesia tergabung dalam Indonesian Society (IndoSoc) di gedung Northen Stage, Newcastle University dan berhasil menyihir sekitar 200 penonton. Tari Saman ini merupakan warisan berharga bagi Indonesia.

Itulah 4 (empat) diantara banyak budaya di Indonesia yang telah mendunia. Sebenarnya Indonesia dapat mengenalkan lebih banyak lagi kepada dunia tentang kekayaan budayanya, tergantung kepada masyarakat dan individu yang harus mulai menanamkan kecintaan dan keinginan untuk melestarikan kebudayaan yang luar biasa di Indonesia tercinta ini.

( 'Budaya Indonesia Yang Mendunia' oleh Siti Maryam Auliyana | 102050185 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar