Kamis, 03 Januari 2013

MENANTI KEJUTAN POLITIK DI TAHUN 2013




Tahun baru saja berganti dari tahun 2012 ke tahun 2013. Tahun 2013 bisa dikatakan sebagai tahunnya para politikus,karena semakin mendekati tahun pemilu, 2014. Suhu politik tahun 2013 diperkirakan akan semakin panas dari tahun – tahun sebelumnya. Beberapa kasus hukum yang saat ini tengah bergulir di tangan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pun diperkirakan akan menciptakan dampak politik di tahun ini. Bahkan, bisa saja ada aksi saling bongkar skandal para elite partai.

Isu korupsi politik akan semakin memanas, elite politik yang akan berkompetisi akan dibuka skandal-skandalnya begitu juga dengan partai politik dengan asal usul dananya. Jadi, bisa diperkirakan tahun 2013 ini pasti akan ada kejutan-kejutan politik.

Tahun 2013, partai-partai politik bisa saling menyandera lantaran semua partai di parlemen tersangkut kasus-kasus korupsi. Pekerjaan yang paling berat di tahun ini sebenarnya ada di kubu Partai Demokrat sebagai partai penguasa. Demokrat yang paling banyak PR-nya dan akan semakin kencang mendapatkan serangan dari lawan-lawan politik untuk mendegradasi kekuatan Demokrat. Selain itu, Demokrat juga diprediksi masih bergulat dengan konflik internal. Demokrat akan tersandera secara internal maupun eksternal jika tidak ada keputusan politik segera dari partai itu.

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego mengatakan, setidaknya penanganan kasus skandal Bank Century dan Hambalang bisa berimplikasi politis di tahun 2013 ini. Kekonsistenan partai pun diuji dalam komitmen pemberantasan korupsi. Jika partai konsisten membela koruptor, maka partai Demokrat akan ditinggalkan. Tetapi jika partai Demokrat tetap komit dalam pemberantasan korupsi pasti akan didukung pemilih. Pemilih semakin cerdas memilih. Dibutuhkan partai yang bersih, santun, cerdas, tidak hanya retorika, tetapi juga praktis.



Anggi Nurdiansyah 102050265

Tidak ada komentar:

Posting Komentar